Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika

Penulis

  • Ilyas Rifa’i UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Uus Sopandi STAI Siliwangi Bandung
  • Erni Kusmiat STAI Siliwangi Bandung
  • Santi Nurpinawati STAI Siliwangi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59908/islamica.v6i1.2

Kata Kunci:

Audio Visual Media, Student Achievement, Learning Mathematics

Abstrak

This study aims to determine the effect of the use of audio-visual media on the learning achievement of fourth-grade students in learning mathematics at MI Tembongsari Cihampelas. The method used in this research is an experimental method with a one-group pretest-posttest design. Data collection techniques used include observation, testing, and documentation. While the data analysis technique used is the analysis of observation results, the N-Gain test, and the T-Test test. The results of this study indicate that the use of audio-visual media significantly affects student achievement in learning mathematics. Through the N-Gain test, the results obtained were 0.67 with a percentage of 67%, which was interpreted as quite effective, and through the T-test, the t-count results were greater than the t-table (24.75 > 2.035). This result means that the null hypothesis (Ho) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted, namely that there is a positive effect of the use of audio-visual media on student achievement in learning mathematics in class IV MI Tembongsari Cihampelas.

Referensi

Ahmad Syafi’i, dkk. 2018. “Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi”. Jurnal Komunikasi Pendidikan Vol.2 (2). Diambil dari: https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/114 (10 Nopember 2021).

Andri, Dkk. 2017. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri 04 Bati Tahun Pelajaran 2016/2017”. Jurnal Pendidikan Dasar Perkasa Vol.3 (2). Diambil dari:

jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/91/0 (10 Nopember 2021).

Mutazan. “Ilmu Matematika Dalam Perspektif Islam”. Diambil dari: https://sulthoniyah.sch.id/2021/09/07/matematika-dalam-islam/. (27 Nopember 2022).

Nanang Priatna dan Ricki Yuliardi. 2019. Pembelajaran Matematika untuk Guru SD dan Calon Guru SD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pupuh Fathurrohman dan Sobry Sutikno. 2011. Strategi Belajar Mengajar: Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum dan Islami. Bandung: PT. Refika Aditama.

Ramlan. 2012. Bahan dan Media Pembelajaran Matematika. Bandung: FKIP UNPAS.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful Bahri Djamarah. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Tulus Tu’u. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo.

Yusuf Solihun Anwar. 2017. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas IV Di SDN Bangunjiwo Kasihan Bantul”. Diambil dari: http://elibrary.almaata.ac.id/828/. (12 Nopember 2021).

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-30

Cara Mengutip

Rifa’i, I., Sopandi, U., Kusmiat, E., & Nurpinawati, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. ISLAMICA, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.59908/islamica.v6i1.2

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama