Telaah Tafsir Al Misbah Terhadap Tren Sedekah Di Media Sosial: Antara Amal dan Eksistensi
DOI:
https://doi.org/10.59908/islamica.v8i2.135Kata Kunci:
media sosial, sedekah, tafsir al-misbah, keikhlasan, riyaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tafsir Q.S. Al-Baqarah 271 dalam Tafsir Al-Misbah terkait fenomena sedekah di media sosial, dengan fokus pada keseimbangan antara keikhlasan dan eksistensi diri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur, mengkaji Tafsir Al-Misbah, hadis, serta fenomena sosial yang berkembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial dapat menjadi sarana meningkatkan kesadaran untuk bersedekah, namun juga berpotensi menimbulkan niat yang tidak murni. Tafsir Al-Misbah menegaskan bahwa publikasi sedekah diperbolehkan jika dilakukan dengan niat yang benar. Studi ini memberikan kontribusi terhadap kajian Islam kontemporer dengan menghubungkan tafsir klasik dan praktik digital modern serta menawarkan panduan praktis menjaga keikhlasan dalam aktivitas sedekah daring.
Referensi
Adiyanto, & Widana, G. O. (2024). Analisa Strategi Peningkatan Pendapatan Zakat, Infaq dan Sedekah di Kota Batam di Era Perkembangan Teknologi Digitalisasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(3). https://doi.org/10.29040/jiei.v10i3.14845
Admin, A. (2022). Allah Maha Melihat Apa Yang Kamu Kerjakan. Al-Azhar Asy-Syarif Sumatera Utara. https://alazharasysyarifsumut.sch.id/allah-maha-melihat-apa-yang-kamu-kerjakan/
Basori, R. (2024). Yang Sembunyi-Sembunyi itu Lebih Baik. Kementerian Agama RI. https://kemenag.go.id/hikmah/yang-sembunyi-sembunyi-itu-lebih-baik-ytqeq
Budiharto, S. (2020). Pentingnya Ikhlas dalam Beramal. Kajian Online Penyejuk Iman (KOPI Ramadan) UII. https://www.uii.ac.id/pentingnya-ikhlas-dalam-beramal/#:~:text=Menurutnya%2C perkara paling dasar adalah,beramal%2C maupun ketika sudah beramal.
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140–157. https://doi.org/10.36563/publiciana.v9i1.79
Faizah, N. A. (2023). Tren Memposting Sedekah Di Media Sosial Perspektif Tafsir Maqasidi QS. Al-Bqarah [2]: 274 [UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63398/
Farid, M. R. A. (2024). Filantropi, Milenial Dan Platform Crowdfunding dalam Optimalisasi Sedekah. JPI: Jurnal Pemuda Indonesia, 1(1), 1–11. http://jpi.kemenpora.go.id/index.php/pemudaindonesia/article/view/9
Fariz, L. A., Ridwan, A. H., & Solehudin, E. (2024). Keutamaan Sedekah Secara Sembunyi-Sembunyi. SYNERGY: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 266–274. https://e-journal.naureendigition.com/index.php/sjim
Fazrin, D. N., & Sukoco, I. (2021). Peran Media Sosial Instagram dalam Membangun Kesadaran berdonasi di Lazis Darul Hikam. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi), 15(1), 22–41. https://doi.org/10.24815/jsu.v15i1.20343
Hasanah, U. (2020). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Organisasi Nirlaba: Studi Kasus Pada Badan Amil Zakat Berskala Nasional. Jurnal Ilmiah Kohesi, 4(1), 1–14. https://www.kohesi.sciencemakarioz.org/index.php/JIK/article/view/105
Icha, I. (2024). Ikhlas dalam Islam: Makna dan Penerapannya. Laboratorium Teknologi Pangan Universitas Ahmad Dahlan. https://foodtechlab.uad.ac.id/ikhlas-dalam-islam-makna-dan-penerapannya/
Ikhsan, F., Muizunzila, F. A., & Marsuki, N. R. (2024). Pengaruh Media Sosial Terhadap Hubungan Sosial di Era Digital. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 30–34. https://doi.org/0.59581/jmpb-widyakarya.v2i1.2603
Irawati, N., & Fitriyani, E. N. (2022). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Sedekah Non Tunai. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 3(2), 179. https://doi.org/10.47700/jiefes.v3i2.4779
Khoeroni, U. S., & Nurhadi, Z. F. (2024). Pendampingan Pembuatan Konten dan Publikasi Gerakan Sosial bagi Anggota Remaja Masjid. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 301–313. https://doi.org/10.37478/abdika.v4i2.4104
Khusna, K. F., Ihwan, S. Al, Qolbi, R. F. A., Dwi, I. P., Salsabila, A. T., Putri, S. W. A., Sambadha, D. B., & Rofiq, N. (2024). Charity Content Debate On Social Media. Ournal Analytica Islamica, 13(2), 190–199. https://doi.org/10.30829/jai.v13i2.20109
Mahmud, A. (2024). Krisis Identitas di Kalangan Generasi Z dalam Perspektif Patologi Sosial pada Era Media Sosial. Jurnal Ushuluddin: Media Dialog Pemikiran Islam, 26(2), 279–311. https://doi.org/10.24252/jumdpi.v26i2.51032
Nashiruddin, M. (1987). Mukhtashar Shahih Muslim. Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
Nasrudin, N. (2021). Kontribusi Ekonomi Syariah Dalam Pemulihan Ekonomi Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19. Asy-Syari’ah, 23(2), 320. https://doi.org/10.15575/as.v23i2.15552
Nofiaturrahmah, F. (2018). Penanaman Karakter Dermawan Melalui Sedekah. ZISWAF : Jurnal Zakat Dan Wakaf, 4(2), 313. https://doi.org/10.21043/ziswaf.v4i2.3048
Nursari, N., Solehudin, E., & Nasrudin, N. (2024). Praktik Riba Dan Gagal Bayar Pinjaman Online: Ancaman Pada Reputasi Dan Kredibilitas Nasabah Di Era Digital. Equality : Journal of Islamic Law (EJIL), 2(2), 14–27. https://doi.org/10.15575/ejil.v2i2.903
Shihab, M. Q. (2009). Tafsir Al-Misbah (Jilid 2). Lentera Hati.
Soenarjo. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahannya, Edisi Penyempurna. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.
Sumarta, S., Burhanudin, B., & Budiyanto, T. (2024). Maqasid Al-Syariah Mendorong Keadilan Dan Keseimbangan Dalam Hukum Islam. Khulasah : Islamic Studies Journal, 6(1), 16–31. https://doi.org/10.55656/kisj.v6i1.120
Ziaharah, L. I., Yusup, D. K., & Nasrudin, N. (2024). Standarisasi Kebijakan Upah Dan Pemenuhan Hak Pekerja Perempuan: Telaah Perbandingan Hukum Islam Dan Hukum Positif. Varia Hukum: Jurnal Forum Studi Hukum Dan Kemasyarakatan, 6(2), 83–102. https://doi.org/10.15575/vh.v6i2.41265
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dwi Widiastuti, Ahmad Hasan Ridwan, Ending Solehudin

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.