Komunikasi Partisipatif Guru dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Perspektif Al-Qur’an Surah Al-Mujadalah Ayat 11
DOI:
https://doi.org/10.59908/islamica.v9i1.161Kata Kunci:
komunikasi partisipatif, hasil belajar, guru, Q.S. Al-Mujadalah ayat 11, pendidikan IslamAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya komunikasi partisipatif dalam dunia pendidikan, khususnya interaksi guru dan siswa yang berpengaruh langsung terhadap hasil belajar. Surah Al-Mujadalah ayat 11 memberikan pijakan teologis dan filosofis mengenai pentingnya ilmu, pengajaran, dan penghormatan terhadap orang berilmu. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis komunikasi partisipatif guru dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa perspektif Al-Qur’an, khususnya Surah Al-Mujadalah ayat 11. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan fokus pada penelitian studi kepustakaan (library research) dengan mengkaji literatur primer dan sekunder terkait dengan tafsir Al-Qur’an dan literatur komunikasi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi partisipatif yang dilandasi nilai-nilai Al-Qur’an memperkuat keterlibatan siswa, meningkatkan motivasi belajar, dan membentuk relasi edukatif yang setara antara guru dan siswa. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada integrasi nilai-nilai wahyu dalam praktik komunikasi Pendidikan yang masih minim dikaji secara eksplisit. Penelitian ini berkontribusi sebagai upaya dalam menawarkan model komunikasi pendidikan berbasis nilai-nilai Islam yang aplikatif bagi guru dan pendidik.
Referensi
Akmal Shah, Iqbal Maulana, Syukri Kurniawan, Willi Rahim Marpaung, & Farabi, M. Al. (2024). Pendidikan Berbasis Merdeka Belajar dalam Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 9(1), 750–761. https://doi.org/10.47467/mk.v23i2.1427
Al-Maraghi, A. M. (1953). Tafsir al-Maraghi. Dar Ihya’ al-Turats al-’Arabi.
Arjuna, A., Kurahman, O. T., Rusmana, D., & Maulana, H. (2024). Rekonstruksi Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam dalam Al-Quran di Tengah Dekadensi Moral Pada Era society 5.0. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 203–223. https://doaj.org/article/71f4274e4bdb4f8c8b98e653d7164833
As-Sa’di, S. A. bin N. (1925). Taisir al-Karim al-Rahman fi Tafsir Kalam al-Mannan. Darussalam.
Asilah, J. (2023). Penerapan Media Puzzle untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas Xi MIPA 1 SMAN 1 Jenangan, Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Audia, Q. T., & Herni, Z. (2024). Pembelajaran TASTAFI (Tasawuf , Tauhid, dan Fikih) dan Pembinaan Karakter Islami Kaum Ibu di Majelis Taklim Berkah Sekumpul. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(3), 8–20.
Bustomi, A. A. (2024). Penerapan Model Komunikasi Partisipatif dalam Pengembangan Program Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Pesantren. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 2(2), 121–138. https://doi.org/10.61650/jptk.v2i2.267
Butarbutar, I. P., Munthe, B., Sianipar, H. H., Nainggolan, J., & Murniarti, E. (2022). Pengaruh Pembelajaran Participative Teaching and Learning Guru Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Afektif Siswa Di Masa Pandemi. Jurnal Dinamika Pendidikan, 15(1), 1–15. https://doi.org/10.51212/jdp.v15i1.126
Darmawan, W., & Syahrin, A. A. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Suara Demokrasi dalam Memperkuat Partisipasi Siswa melalui Pemilihan OSIS. Jurnal Global Futuristik, 2(2), 105–114. https://doi.org/10.59996/globalistik.v2i2.569
Fakhriza, H., Hermina, D., & Mof, Y. (2024). Analisis Studi Kasus Kepemimpinan Instruksional Diskusi Kelompok, Mengenai Tantangan Kepemimpinan Instruksional Di Institusi Pendidikan Islam SMPTQ Barito Kuala, Strategi Perbaikan Dalam Kepemimpinan Instruksional. Jurnal Studi Multidisipliner, 8(12), 617–626.
Fitriana, N. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Membangun Prinsip-Prinsip Moderasi Beragama Di SMP Negeri 3 Way Jepara, Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.
Fitriyyah, R. (2025). Optimalisasi Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Al-Quran dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 5(1), 378–391.
Ginting, A. D. B., Ayudya, M., Siagian, P. T., & Simbolon, T. (2025). Peran Komunikasi Berbasis Empati dalam Meningkatkan Interaksi Guru dalam Mengajar. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(4), 30–38. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v3i2.4830
Herawati, A., Ningrum, U. D., & Sari, H. P. (2024). Wahyu Sebagai Sumber Utama Kebenaran dalam Pendidikan Islam : Kajian Kritis Terhadap Implementasinya di Era Modern. SURAU : Journal of Islamic Education, 3(1), 166–183. https://doi.org/10.30983/surau.v3i1.8713
Iwani, F. N., Abubakar, A., & Ilyas, H. (2024). Moralitas Digital dalam Pendidikan: Mengintegrasikan Nilai-Nilai Al-Qur’an di Era Teknologi. Journal of Instructional and Development Researches, 4(6), 551–565. https://doi.org/10.53621/jider.v4i6.419
Iyai, Y., & Helsa, Y. (2025). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Aktif. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 3(3), 288–296. https://doi.org/10.61132/arjuna.v3i3.1950
Kasi, R. (2022). Pembelajaran Aktif : Mendorong Partisipasi Siswa. Jurnal Pembelajaran, 1(1), 1–12.
Khairunisa, A., Kumala, C., & Rahmadani, F. (2025). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Membangun Generasi Berintegritas di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Dirgantara, 2(2), 194–205. https://doi.org/10.61132/jupendir.v2i2.288
Khairurahmah, S., Khairurahmah, N., & Aulia, P. (2024). Mengungkap Ilmu Pendidikan Sains tentang Rahasia Alam melalui Lensa Islam dalam Perspektif Al-Qur’an. Islamologi : Jurnal Ilmiah Keagamaan, 1(2), 1–10.
Kurdi, M. S. (2023). Urgensitas Pendidikan Islam Bagi Identitas Budaya (Analisis Kritis Posisi Efektif Pendidikan Sebagai Pilar Evolusi Nilai, Norma, Dan Kesadaran Beragama Bagi Generasi Muda Muslim). IJRC: Indonesian Journal Religious Center, 01(03), 169–189.
Lisaniyah, F. H., & Shodiqoh, M. (2021). Kompetensi Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Islam. Tadris, 15(2), 1–10.
Muhammad Fadil, Saiyidinal Fajrus Salam, & Gusmaneli Gusmaneli. (2025). Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pendidikan Islam untuk Meningkatkan Kesadaran Sosial Siswa. Moral : Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 2(2), 21–33. https://doi.org/10.61132/moral.v2i2.795
Mukhlas, O. S., & Nasrudin, N. (2016). Membangun Karakter Masyarakat Taat Hukum Perspektif Sosiologi Hukum. Islamica Jurnal Ilmu-Ilmu Agama Islam, 3(2), 38–46. https://www.academia.edu/28586493/Membangun_Karakter_Masyarakat_Taat_Hukum_Perspektif_Sosiologi_Hukum
Mustafida, F. (2019). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Multikultural di MIN I Kota Malang. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 15–27. https://doi.org/10.18860/jpai.v6i1.8085
Mutawakkil, M., & Nuraedah, N. (2019). Gaya Komunikasi Dosen dalam Pembelajaran Mahasiswa. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 135–152. https://doi.org/10.15575/cjik.v3i2.5765
Nasrudin, N. (2021). Kontribusi Ekonomi Syariah Dalam Pemulihan Ekonomi Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19. Asy-Syari’ah, 23(2), 320. https://doi.org/10.15575/as.v23i2.15552
Nisak, A. Z., & Wicaksono, Y. K. (2025). Peran Guru IPS dalam Mengoptimalkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Active Learning di SMPN 3 Srengat Blitar. SOSIAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 3(2), 333–359. https://doi.org/10.62383/sosial.v3i2.854
Prihandini, D. R., Azizah, S. A., & Atikah, I. (2023). Sinergi Antara Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Teaching at The Right Level dalam Menghadirkan Lingkungan Belajar Inklusif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 11. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.76
Putri, R. D. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). JISED: Journal of Information System and Education Development, 2(4), 31–36. https://doi.org/10.21009/pip.321.4
Ramdani, M., Kosasih, A., & Abdullah, M. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Q.S. Al-Mujadalah Ayat 11 dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. AT-TAJDID: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 8(2), 616–626. https://doi.org/10.24127/att.v6i2.%203711
Ramli, M. (2015). Hakikat Pendidikan dan Peserta Didik. Tarbiyah Islamiyah, 5(1), 61–85. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/1825
Ritonga, S., Asroni, M., Juliana, V., Sari, Z., & Suhaila, P. (2025). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Telaah dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 5(1), 143–151.
Rohadi, R., & Roza, E. (2024). Al Qur’an, Hadist, Dan Ijtihad Sebagai Sumber Pendidikan Islam. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(02), 2003–2011. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i02.5519
Rosita, I. (2024). Gaya Kepemimpinan, Komunikasi, Dan Pengambilan Keputusan Dalam Meningkatkan Efektivitas Manajemen Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tarbiyah Almuslim, 2(2), 137–151.
Rusdiansyah, M. (2019). Motivasi Belajar yang Terkandung dalam Al-Qur’an Surah Al-Mujadalah Ayat 11, Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
RZ., M. Z. I., & Maulidin, S. (2024). Implementasi Pembelajaran PAI Berbasis ICT: Studi di SMK Negeri 4 Semarang. VOCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 4(4), 204–217.
Sari, D. N. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Islam Berbasis Teknologi Informasi. Unisan Jurnal: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 3(11), 34–42.
Shihab, M. Q. (2009). Tafsir Al-Misbah (Jilid 2). Lentera Hati.
Shofyan, A. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 126–140. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.24
Sholeh, M. I. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Program Anti-Bullying Di Lembaga Pendidikan Islam. ALMANAR: Jurnal Fakultas Agama Islam, 1(3), 1.
Sintia, N. K., & Wijana, I. N. (2024). Analisis Implementasi Strategi PAIKEM Dalam Proses Pembelajaran Di Pasraman Samiaga. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, XV(2), 1–13.
Soenarjo. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahannya, Edisi Penyempurna. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.
Subair, A. (2024). Penerapan Outing Class untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SD 65 Parepare. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(4), 400–408. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i4.3153
Sunardi, & Khairul Fatihin. (2019). Pola Interaksi Guru Dengan Peserta Didik Perspektif Alquran Surah Luqman Ayat 12-19. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 201–214. https://doi.org/10.37286/ojs.v5i2.57
Sungkowo, Andriyadi, & Astina, R. Z. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Media Surat Kabar Pada Kelas III Di Sekolah Dasar Negeri 119/VIII Tirta Kencana Rimbo Bujang. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 29–51.
Suparti, S. (2016). Upaya Peningkatan Motivasi, Partisipasi, Dan Prestasi Belajar Akuntansi Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Siswa Kelas Xi Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ar-Rais Mujaddidul Islam Huda Al-Hadits, Fahmi Muhammad Riziq, Sitti Chadidjah, Erni Kusmiat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.