Penggunaan Jarimatika pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah An-Na’iim Sebagai Metode Pembelajaran Menarik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.59908/islamica.v8i1.83Kata Kunci:
jarimatika, metode pembelajaran, peserta didikAbstrak
Berdasarkan hasil observasi awal, pembelajaran konsep perkalian dasar masih dilakukan dengan metode memaksa peserta didik menghafal, sehingga saat mengerjakan soal peserta didik mudah lupa. Berhitung dengan menggunakan jarimatika akan memudahkan dan menyenangkan bagi peserta didik. Jarimatika akan menfasilitasi jembatan antar tahap perkembangan kognitif peserta didik yang kongkrit dengan materi perkalian yang bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknik jarimatika sebagai metode pembelajaran menarik dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan naturalistik yang bersifat deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik jarimatika pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah An-Na’iim dengan materi luas bangun datar meningkat dari tiap-tiap siklus. Di mana Hasil belajar sebelum penggunaan teknik jarimatika berada pada kriteria sangat kurang, hal ini dibuktikan dengan hasil belajar sebelum dilakukan tindakan persentasenya adalah 17,64%. Sedangkan sesudah penggunaan teknik jarimatika persentasenya mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I yaitu 52,94%, dan siklus II 88,23%.
Referensi
Apriliansyah, & Khoiri, Q. (2023). Inovasi dan Perubahan dalam Pendidikan Islam. Journal on Education, 05(02), 4805–4815.
Aritonang, L. A., & Elshap, D. S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Usia Dini dengan Menggunakan Metode Jarimatika. Jurnal Ceria, 2(6), 363–369.
Desmayulinda, D., Trisoni, R., & Muchlis, L. S. (2022). Problematika Pelajaran Virtual Masa Covid-19 pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 47–58. https://doi.org/10.24269/dpp.v10i1.4376
Dewi, S., Azizah, I. N., & Wawan, W. (2024). Eksplorasi Konsep Matematika Pada Metode Jarimatika Al-Qur’an. Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.61650/dpjpm.v2i1.533
Dwi Rahmayanti, J. (2023). Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Dasar. Risda: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.59355/risda.v7i1.97
Hendra. (2007). Aneka Berhitung Cepat: Simulasi Berhitung Cepat, Cermat, Singkat dan Tepat. Pusat Bahasa DEPDIKNAS.
Jannah, A. A., & Purwoko, R. Y. (2023). Interkoneksi Materi Aljabar dalam Al-Qur ’ an dan Desain Pembelajarannya Untuk Siswa SMP. 5(2), 107–121. https://doi.org/10.37729/jipm.v5i2.2493
Jihan, A., Fahri, M., & Kasman, R. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan melalui Metode Jarimatika pada Siswa Kelas II SDI Modern El-Cordova. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7221–7228.
Jumadiyah, N., & Zumrotun, E. (2024). Pengaruh Penggunaan Metode Jarimatika Terhadap Literasi Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar Batch 5 di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 12–22. https://doi.org/10.54069/attadrib.v7i1.710
Mustakim, M. (2015). Pengilmuan Islam dan Problem Dikotomi Pendidikan. Jurnal Penelitian, 9(2), 260.
Nasrudin, N. (2020). Upaya Penyelesaian Sengketa Pada Sektor Bisnis Pariwisata Di Tengah Pandemi Covid 19. ADLIYA: Jurnal Hukum Dan Kemanusiaan, 14(1), 81–100. https://doi.org/10.15575/adliya.v14i1.8564
Purnamasari, M., Isman, J., Damayanti, A., & Ismah, I. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Terhadap Konsep Bangun Ruang Materi Luas Dan Volume Balok Dan Kubus Menggunakan Metode Drill Sekolah Smp Islam Al-Ghazali Kelas Viii. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 45. https://doi.org/10.24853/fbc.3.1.45-52
Silvatama, M. A., Kamila, N. N., Wijayanto, A., & Sari, E. (2023). Penguatan Sikap Religius Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Bermuatan Nilai Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 211–221. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.135
Tarlam, A., Zaky, A., & Sakinah, I. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Metode Jarimatika Pada anak Kelompok B di RA Darul Qur’an Wanajaya Kecamatan Tambakdahan Subang. Buhun: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(1), 147–153.
Tauhid, M. (2014). Islam dan Negara di Abad XX. Jurnal TAPIs, 10(1), 123–145.
Wulandari, S. P. (2008). Jarimatika Perkalian dan Pembagian. PT. Kawan Pustaka.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dzikra Fu'adiah, Ayu Alfia, Pipih Nurhayati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.