Penggunaan Jarimatika pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah An-Na’iim Sebagai Metode Pembelajaran Menarik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Penulis

  • Dzikra Fu'adiah STAI SIliwangi Bandung
  • Ayu Alfia STAI Siliwangi Bandung
  • Pipih Nurhayati STAI Siliwangi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59908/islamica.v8i1.83

Kata Kunci:

jarimatika, metode pembelajaran, peserta didik

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi awal, pembelajaran konsep perkalian dasar masih dilakukan dengan metode memaksa peserta didik menghafal, sehingga saat mengerjakan soal peserta didik mudah lupa. Berhitung dengan menggunakan jarimatika akan memudahkan dan menyenangkan bagi peserta didik. Jarimatika akan menfasilitasi jembatan antar tahap perkembangan kognitif peserta didik yang kongkrit dengan materi perkalian yang bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknik jarimatika sebagai metode pembelajaran menarik dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan naturalistik yang bersifat deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik jarimatika pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah An-Na’iim dengan materi luas bangun datar meningkat dari tiap-tiap siklus. Di mana Hasil belajar sebelum penggunaan teknik jarimatika berada pada kriteria sangat kurang, hal ini dibuktikan dengan hasil belajar sebelum dilakukan tindakan persentasenya adalah 17,64%. Sedangkan sesudah penggunaan teknik jarimatika persentasenya mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I yaitu 52,94%, dan siklus II 88,23%.

Referensi

Apriliansyah, & Khoiri, Q. (2023). Inovasi dan Perubahan dalam Pendidikan Islam. Journal on Education, 05(02), 4805–4815.

Aritonang, L. A., & Elshap, D. S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Usia Dini dengan Menggunakan Metode Jarimatika. Jurnal Ceria, 2(6), 363–369.

Desmayulinda, D., Trisoni, R., & Muchlis, L. S. (2022). Problematika Pelajaran Virtual Masa Covid-19 pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 47–58. https://doi.org/10.24269/dpp.v10i1.4376

Dewi, S., Azizah, I. N., & Wawan, W. (2024). Eksplorasi Konsep Matematika Pada Metode Jarimatika Al-Qur’an. Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.61650/dpjpm.v2i1.533

Dwi Rahmayanti, J. (2023). Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Dasar. Risda: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.59355/risda.v7i1.97

Hendra. (2007). Aneka Berhitung Cepat: Simulasi Berhitung Cepat, Cermat, Singkat dan Tepat. Pusat Bahasa DEPDIKNAS.

Jannah, A. A., & Purwoko, R. Y. (2023). Interkoneksi Materi Aljabar dalam Al-Qur ’ an dan Desain Pembelajarannya Untuk Siswa SMP. 5(2), 107–121. https://doi.org/10.37729/jipm.v5i2.2493

Jihan, A., Fahri, M., & Kasman, R. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan melalui Metode Jarimatika pada Siswa Kelas II SDI Modern El-Cordova. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7221–7228.

Jumadiyah, N., & Zumrotun, E. (2024). Pengaruh Penggunaan Metode Jarimatika Terhadap Literasi Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar Batch 5 di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 12–22. https://doi.org/10.54069/attadrib.v7i1.710

Mustakim, M. (2015). Pengilmuan Islam dan Problem Dikotomi Pendidikan. Jurnal Penelitian, 9(2), 260.

Nasrudin, N. (2020). Upaya Penyelesaian Sengketa Pada Sektor Bisnis Pariwisata Di Tengah Pandemi Covid 19. ADLIYA: Jurnal Hukum Dan Kemanusiaan, 14(1), 81–100. https://doi.org/10.15575/adliya.v14i1.8564

Purnamasari, M., Isman, J., Damayanti, A., & Ismah, I. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Terhadap Konsep Bangun Ruang Materi Luas Dan Volume Balok Dan Kubus Menggunakan Metode Drill Sekolah Smp Islam Al-Ghazali Kelas Viii. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 45. https://doi.org/10.24853/fbc.3.1.45-52

Silvatama, M. A., Kamila, N. N., Wijayanto, A., & Sari, E. (2023). Penguatan Sikap Religius Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Bermuatan Nilai Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 211–221. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.135

Tarlam, A., Zaky, A., & Sakinah, I. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Metode Jarimatika Pada anak Kelompok B di RA Darul Qur’an Wanajaya Kecamatan Tambakdahan Subang. Buhun: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(1), 147–153.

Tauhid, M. (2014). Islam dan Negara di Abad XX. Jurnal TAPIs, 10(1), 123–145.

Wulandari, S. P. (2008). Jarimatika Perkalian dan Pembagian. PT. Kawan Pustaka.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-19

Cara Mengutip

Fu'adiah, D., Alfia, A., & Nurhayati, P. (2024). Penggunaan Jarimatika pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah An-Na’iim Sebagai Metode Pembelajaran Menarik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. ISLAMICA, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.59908/islamica.v8i1.83

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.