Etika Bisnis Islam dalam Ekonomi Digital: Model Pendampingan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang Berkelanjutan di Jawa Barat

Penulis

  • Dea Rodiah Luthfy UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Oyo Sunaryo Mukhlas UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59908/islamica.v8i2.140

Kata Kunci:

etika bisnis islam, ekonomi digital, pendampingan umkm, bisnis berkelanjutan, jawa barat

Abstrak

Etika bisnis Islam memiliki peran penting dalam membentuk praktik bisnis yang berkelanjutan, terutama bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di era ekonomi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi etika bisnis Islam sebagai dasar pendampingan UMKM di Jawa Barat, guna memastikan keberlanjutan usaha dan kepatuhan terhadap prinsip syariah. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan yuridis normatif, penelitian ini berupaya mengkaji integrasi nilai-nilai etika Islam, fatwa DSN-MUI, serta regulasi pemerintah terkait dalam pengembangan UMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan UMKM berbasis etika bisnis Islam meningkatkan transparansi keuangan, kepercayaan konsumen, dan keberlanjutan usaha dalam jangka panjang. Kebaruan penelitian ini terletak pada perumusan model pendampingan UMKM yang mengoptimalkan etika bisnis Islam sejalan dengan praktik ekonomi digital. Penelitian ini memberikan kontribusi dengan merumuskan rekomendasi kebijakan untuk lembaga keuangan syariah, pelaku UMKM, dan pemerintah dalam melawan praktik bisnis yang tidak etis dan mempromosikan pembangunan berkelanjutan.

Referensi

Ali Riri, M., & Martilova, N. (2022). Pengaruh Perubah Current Ratio, Debt to Aset Ratio, dan Operating Profit Margin Terhadap Perubahan Laba. JOVISHE: Journal of Visionary Sharia Economy, 1(2), 98–111. https://doi.org/10.57255/jovishe.v1i2.230

Anhar, Z. (2022). Penerapan Akad Musyarakah Pada Perbankan Syariah. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 4(2), 110–122. https://doi.org/10.24239/jipsya.v4i2.145.110-122

Asdar, M., Abdullah, M. W., & Parmitasari, R. D. A. (2023). Pengendalian Strategi Bisnis di Era Digital : Inovasi Ekonomi Islam di Indonesia. JOVISHE: Journal of Visionary Sharia Economy, 02(01), 1–13. https://doi.org/10.57255/jovishe.v2i1.616

Bengu, H., Kelin, S. P., & Hadjon, R. P. (2024). Penerapan Etika Bisnis Dalam Kegiatan UMKM Di Era Digital. Timor Cerdas: Jurnal Teknologi Informasi, Manajemen Komputer Dan Rekayasa Sistem Cerda, 2(1), 1–7. https://ojs.cbn.ac.id/index.php/timor_cerdas/article/view/1243

Faizatul Milla, K., & Faisol, A. (2023). E-commerce dan Bisnis Fintech Syariah di Indonesia. Attractive : Innovative Education Journal, 5(1), 462–472. https://doi.org/10.51278/aj.v5i1.727

Hardiono, H. (2020). Sumber Etika dalam Islam. JURNAL AL-AQIDAH, 12(2), 26–36. https://doi.org/10.15548/ja.v12i2.2270

Iqbal, I. fadli muhammad. (2021). Kontribusi Pemangku Kepentingan Dana Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf Dalam Penanggulangan COVID-19. Jurnal Bimas Islam, 14(2), 367–393. https://doi.org/10.37302/jbi.v14i2.463

Ismawati, I., Nurwulandari, F., & Djasuli, M. (2022). Prinsip Akuntabilitas Pada Corporate Governance Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis (JEBS), 2(3), 609–615. https://doi.org/10.47233/jebs.v2i3.236

Jamal, S. (2023). Peran Teknologi Blockchain dalam Keuangan Syariah : Analisis Tantangan dan Solusinya. Al-Musyarakah: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 93–107. https://jurnal.uic.ac.id/index.php/Al-Musyarakah

Khoeroni, U. S., & Nurhadi, Z. F. (2024). Pendampingan Pembuatan Konten dan Publikasi Gerakan Sosial bagi Anggota Remaja Masjid. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 301–313. https://doi.org/10.37478/abdika.v4i2.4104

Nasrudin, N. (2021). Kontribusi Ekonomi Syariah Dalam Pemulihan Ekonomi Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19. Asy-Syari’ah, 23(2), 320. https://doi.org/10.15575/as.v23i2.15552

Nursari, N., Solehudin, E., & Nasrudin, N. (2024). Praktik Riba Dan Gagal Bayar Pinjaman Online: Ancaman Pada Reputasi Dan Kredibilitas Nasabah Di Era Digital. Equality : Journal of Islamic Law (EJIL), 2(2), 14–27. https://doi.org/10.15575/ejil.v2i2.903

Purwanti, N., & Pujawati, A. (2021). Penerapan Etika Bisnis Dalam Transaksi E Commerce (Studi Pada Penjual Pengguna Media Sosial Instagram). Al-Mujaddid | Jurnal Ilmu-Ilmu Agama, 3(1), 62–78. https://doi.org/10.51482/almujaddid.v3i1.45

Putra, F. M. A. (2024). Membangun Etika Bisnis Islami: Refleksi atas Nilai Kejujuran, Amanah, dan Ihsan. Jekis: Jurnal Ekonomi Islam, 2(3), 96–105. https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/jekis

Rafidah, A. S., & Maharani, H. N. (2024). Inovasi dan Pengembangan Produk Keuangan Syariah: Tantangan dan Prospek Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Edunomika, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.29040/jie.v8i1.11649

Salim, A. (2018). Analisis Pemahaman dan Penerapan Etika Bisnis Islam Pedagang Pengepul Barang Bekas Di Kota Palembang. Islamic Banking : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 4(1), 57–74. https://doi.org/doi.org/10.36908/isbank.v4i1.55

Silviah, N. M., & Lestari, N. D. (2023). Pengaruh Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan UMKM. Dharma Ekonomi, 30(1), 01–06. https://doi.org/doi.org/10.59725/de.v30i1.66

Silviyah, N. M., & Lestari, N. D. (2022). Pengaruh Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan UMKM. AL-IQTISHOD: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 10(1), 96–112. https://doi.org/10.37812/aliqtishod

Sulistiyo, B., Anwar, S., Kania, D., & Faturokhman, A. (2023). Analisis Konsep Etika, Norma, Dan Hukum Dalam Implementasi Hukum Ekonomi Syariah. Strata Social and Humanities Studies, 1(2), 193–203. https://doi.org/10.59631/sshs.v1i2.119

Susanto, I., & Johendra, M. (2024). Transparansi Jual Beli Online: Perspektif Etika Islam Dalam Praktik E-Commerce. AT-TASHARRUF: Jurnal Kajian Hukum Ekonomi Syariah, 2(1), 41–49. https://ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/atthasarruf/article/viewFile/6248/4227

Wiliamto, D. B. (2024). Etika Berdagang Menurut Islam: Prinsip dan Implementasinya dalam Dunia Bisnis Modern. Jekis: Jurnal Ekonomi Islam, 2(3), 58–62. https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/jekis/article/view/719

Yanti Maleha, N. (2015). Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berbasis Keuangan Mikro Syariah. Economica Sharia, 1(1), 59–66. https://doi.org/10.36908/esha.v1i1.77

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-29

Cara Mengutip

Luthfy, D. R., & Mukhlas, O. S. (2023). Etika Bisnis Islam dalam Ekonomi Digital: Model Pendampingan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang Berkelanjutan di Jawa Barat. ISLAMICA, 8(2), 52–62. https://doi.org/10.59908/islamica.v8i2.140

Terbitan

Bagian

Articles