Konsep Tarbiyah Rabbaniyah dalam Keluarga Menurut Al-Qur’an dan Relevansinya Terhadap Pola Asuh Anak Berlandaskan Ajaran Islam

Penulis

  • Putri Reginata Prasutia STAI Siliwangi Bandung
  • Nina Nursari UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59908/islamica.v8i1.125

Kata Kunci:

al-qur’an, akhlak anak, pendidikan keluarga, pola asuh islam, tarbiyah rabbaniyah

Abstrak

Pendidikan keluarga dalam Islam memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan moral anak. Konsep tarbiyah rabbaniyah dalam Al-Qur’an menekankan pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai ketuhanan, spiritualitas, dan akhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep tarbiyah rabbaniyah dalam keluarga menurut Al-Qur’an serta bagaimana konsep ini berpengaruh terhadap pola asuh anak dalam Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan tafsir tematik, yaitu menganalisis ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan pendidikan keluarga dan pengasuhan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tarbiyah rabbaniyah menekankan tiga aspek utama: Pertama, tauhid sebagai fondasi utama pendidikan keluarga; Kedua, akhlak dan adab dalam membangun karakter anak, serta; Ketiga, pembinaan spiritualitas yang melibatkan hubungan harmonis dengan Allah dan sesama manusia. Studi ini memberikan kebaharuan dengan mengintegrasikan konsep tarbiyah rabbaniyah dengan teori pola asuh Islami dalam konteks modern. Kontribusi penelitian ini adalah menawarkan model pendidikan berbasis Al-Qur’an yang dapat diterapkan oleh keluarga Muslim dalam menghadapi tantangan zaman.

Referensi

Damayanti, D. (2022). Membangun Generasi Ihsan Berkarakter Rabbani Sejak Anak Usia Dini. Jurnal Studi Dan Pemikiran Islam, 1(1), 82–101. https://doi.org/10.5281/zenodo.7030209

Eda, M. La. (2018). Tarbiyah Ber-Marhalah. Official Website Wahdah Islamiyah. https://wahdah.or.id/tarbiyah-ber-marhalah/

Hambal, M. (2019). Pembentukan Karakter Rabbani Di Pesantren Al-Islam Lamongan Jawa Timur Indonesia. Jurnal Tadarus, 8(1), 74–82. https://doi.org/10.30651/td.v8i1.3043

Hasan, A. B. P. (2018). The Implementation of Mental Health Concept by Imam Al-Ghazali in Islamic Counseling Guidance. Journal of Strategic and Global Studies, 1(1). https://doi.org/10.7454/jsgs.v1i1.1000

Hermawan, I., & Ahmad, N. (2020). Konsep Amanah dalam Perspektif Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 141–152. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.389

Khuluqi, H., & Mashudi, M. (2020). Relevansi Konsep Pendidikan Keluarga Dalam Al-Qur’an (Studi atas Kitab Tafsir Fi Dzilalil Qur’an Karya Sayyid Quthb). Al-Hikmah, 8(2), 67–82. http://jurnal.staiba.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/view/236%0Ahttps://jurnal.staiba.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/viewFile/236/226

Lestari, Y. I. (2019). Bagaimana Pengasuhan Spiritual Mampu Membangun Karakter yang Baik pada Remaja Muslim? Jurnal Psikologi, 15(2), 108. https://doi.org/10.24014/jp.v15i2.7794

Muhyiddin, M., & Chudzaifah, I. (2021). Konsep Pendidikan Perspektif Al-Qur’an: Kajian Tematik. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 26–37. https://doi.org/10.32489/alfikr.v7i1.109

Muslim, I. (n.d.). Ṣaḥīḥ Muslim. Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Najah, Z., & Lindasari, L. M. (2022). Pendidikan Islam : Wajah Baru Menghadapi Tantangan Globalisasi. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 2(01), 9–18. https://doi.org/10.24967/esp.v2i01.1522

Nasor, M., Wahyu, M., Rifa’i, R. N., Utama, E. P., & Sari, N. A. A. P. (2022). Pola Komunikasi Keluarga Dalam Membentuk Kepribadian Islami Anak Di Kampung Sinar Harapan Rajabasa Jaya Kota Bandar Lampung. Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 7(2), 169. https://doi.org/10.32332/riayah.v7i2.5835

Nasrudin, N. (2021). Kontribusi Ekonomi Syariah Dalam Pemulihan Ekonomi Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19. Asy-Syari’ah, 23(2), 320. https://doi.org/10.15575/as.v23i2.15552

Nihayah, H. (2016). Konsep Pendidikan Islam Dalam Prespektif Al Qur’an Surat at Taubah Ayat 122. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 27–38. https://doi.org/10.32665/ulya.v1i1.1475

Nur’aini, Sugiati, Dana, M. A., Wahyudi, & Ramadhani, S. (2020). At-Tarbiyah sebagai Konsep Pendidikan dalam Islam. Inovatif: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 6(1), 88–104. http://jurnal.iaih.ac.id/index.php/inovatif/article/view/138

Rachman, A., Sahraini, S., & Kartini, K. (2023). Development of Learning Modules for the Tarbiyah Islamiyah Program at The Integrated Islamic Senior High School Wahdah Islamiyah Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 6(3), 314–325. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.3.2023.2326

Rohmah, N. (2019). Pendidikan Etika Perspektif Al Qur’an Telaah Kritis Konsep Pendidikan Etika dalam Surat Al Isra’ayat 23-24. … : Jurnal Pendidikan Islam Dan Kajian …, 3057, 38–57. https://ejournal.stitradensantri.ac.id/index.php/tadrisuna/article/view/17

Rohman, M. (2013). Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibn Sina Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Modern. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 8(2). https://doi.org/10.21274/epis.2013.8.2.279-300

Rusmiati, E. T. (2023). Transformasi Peran Masjid Pada Zaman Modern: Studi Kasus Pada Masjid Agung dan Masjid Al-Azhom Kota Tangerang. PETANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Humaniora, 4(2), 54–60. https://doi.org/10.32509/petanda.v4i2.2991

Saputra, A. W., & Meilasari, P. (2021). Pentigraf Sebagai Inovasi Pembelajaran Sejarah Pada Masyarakat Di Era Disrupsi. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 6(2), 131–141. https://doi.org/10.22219/kembara.v6i2.13522

Sarima, A. (2023). Transformasi Pendidikan Islam Dalam Mencetak Generasi Rabbani Di Era Digital. Jurnal Al-Qayyimah, 6(2), 102. https://doi.org/10.30863/aqym.v6i2.5439

Sholikatin, H. K. B., Natasya, A., & MUnawir, M. (2024). Optimalisasi Peran Masjid sebagai Sarana Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Basicedu, 8(2), 1411–1419. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7251

Soenarjo. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahannya, Edisi Penyempurna. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Syukri, A., Frarera, A. N., Nurhaliza, S., Ritonga, A. A., & Darlis, A. (2023). Konsep Tarbiyah, Ta’Lim Dan Ta’Dib Dalam Dunia Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 6(1), 91–108. http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/view/239

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-25

Cara Mengutip

Prasutia, P. R., & Nursari, N. (2024). Konsep Tarbiyah Rabbaniyah dalam Keluarga Menurut Al-Qur’an dan Relevansinya Terhadap Pola Asuh Anak Berlandaskan Ajaran Islam. ISLAMICA, 8(1), 11–22. https://doi.org/10.59908/islamica.v8i1.125

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.