Implementasi Prinsip Al-Kasb dalam Membangun Daya Saing UMKM Lokal di Tengah Ekspansi Waralaba Asing
DOI:
https://doi.org/10.59908/islamica.v9i1.162Kata Kunci:
UMKM, al-Kasb, Ekonomi Islam, Waralaba Asing, Strategi KompetitifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memahami implementasi prinsip al-kasb dalam membangun daya saing UMKM lokal di Indonesia, khususnya di tengah ekspansi waralaba asing yang kian meningkat. Prinsip al-kasb, yang berarti usaha dan kerja keras dalam kerangka etika Islam, dianggap mampu memperkuat posisi kompetitif UMKM lokal dengan mendorong nilai kejujuran, ketekunan, dan produktivitas berkelanjutan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan fokus pada penelitian studi kepustakaan (library research) yang mengkaji literatur primer dan sekunder terkait dengan prinsip al-kasb terhadap UMKM lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip al-kasb tidak hanya membantu UMKM dalam membangun citra yang beretika, tetapi juga meningkatkan kepercayaan pelanggan lokal terhadap produk mereka. Selain itu, al-kasb mendorong para pelaku UMKM untuk berinovasi secara berkelanjutan, sehingga mampu bersaing secara efektif dengan waralaba asing yang memiliki modal besar. Kebaruan dalam penelitian ini terletak pada integrasi prinsip al-kasb dalam strategi bisnis UMKM sebagai pendekatan kompetitif yang belum banyak dibahas dalam konteks persaingan dengan entitas bisnis global. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan model kewirausahaan berbasis nilai dan menjadi alternatif konseptual bagi UMKM lokal dalam menghadapi hegemoni waralaba asing.
Referensi
Akhadi, I. (2025). Tantangan dan Peluang Pelaku Usaha UMKM menghadapi Visi Indonesia Emas 2045. JURNAL ASET, 3(2), 37–48. https://www.researchgate.net/publication/391262767_Tantangan_dan_Peluang_Pelaku_Usaha_UMKM_menghadapi_Visi_Indonesia_Emas_2045
Anggela, N. L. (2023). 700 Lebih Merek Waralaba Asing Banjiri RI, Asosiasi Ungkap Sebabnya. Bisnis Indonesia. https://ekonomi.bisnis.com/read/20230825/12/1688311/700-lebih-merek-waralaba-asing-banjiri-ri-asosiasi-ungkap-sebabnya#:~:text=700 Lebih Merek Waralaba Asing Banjiri RI%2C,les Jour%2C Waralaba Bakery yang Sempat Viral.
Annisa Cindy Maurina, & R Yuniardi Rusdianto. (2023). Strategi Peningkatan Daya Saing UMKM Terhadap Perdagangan Internasional. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 70–76. https://doi.org/10.55606/jpkm.v2i2.146
Ariyani, L. (2022). Memetakan Kebijakan Internasionalisasi UMKM Indonesia. Trade Policy Journal, 1(1), 13–18.
Arjang, A., Ausat, A. M. A., & Prasetya, Y. B. (2025). Optimalisasi Sistem Informasi dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM: Analisis Sinergi Inovasi Digital dan Fenomena FOMO dalam Dinamika Pasar. Jurnal Minfo Polgan, 14(1), 68–76. https://doi.org/10.33395/jmp.v14i1.14629
Bado, B., Tahir, T., & Supatminingsih, T. (2023). Studi Social Climber Gen-Z dan Perilaku Ekonominya. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 4(1), 503–526. https://doi.org/10.26858/je3s.v4i1.396
Berliana, Z. (2024). Apa Tantangan UMKM di Indonesia dalam Transformasi Digital? PT Belajar Sepanjang Hayat. https://www.belajarlagi.id/post/apa-tantangan-umkm-di-indonesia-dalam-transformasi-digital
Bilillah, R. S. (2024). Peningkatan Branding UMKM Lokal Melalui Desain Komunikasi Visual. Arunika, 1(1), 33–38.
Castañeda, E., & Shemesh, A. (2020). Overselling Globalization: The Misleading Conflation of Economic Globalization and Immigration, and the Subsequent Backlash. Social Sciences, 9(5), 61. https://doi.org/10.3390/socsci9050061
Dhea Natali, & Poppy Indriani. (2025). Menghadapi Keterbatasan Modal dan Jaringan Pemasaran : Strategi Guna Pemberdayaan pada UMKM Pengrajin Alumunium. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 4(1), 110–118. https://doi.org/10.58192/sejahtera.v4i1.2944
Fadilah, N. (2020). Pengertian, Konsep, dan Strategi Pemasaran Syari’ah. SALIMIYA, 1(2), 194–211. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya
Hariani, D. (2024). Penerapan Model Triple Helix Bagi Pengembangan UMKM Halal Food Indonesia. Ilmu Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.37012/ileka.v5i1.2120
Hartini, H., & Malahayatie, M. (2024). Implikasi Sertifikat Halal Dalam Manejemen Bisnis Industri Makanan Dan Minuman. Great: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Islam, 1(2), 116–129. https://doi.org/10.62108/great.v1i1.688
Heriyani, Fahrika, A. I., & Fitriani. (2025). Penerapan Perilaku Halal Lifestyle Terhadap Minat Beli Produk Berlabel Halal di Platform E-Commerce Shopee (Studi pada Gen Z di Kabupaten Bone). EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(4), 6616–6630. https://www.researchgate.net/publication/391508473_Penerapan_Perilaku_Halal_Lifestyle_Terhadap_Minat_Beli_Produk_Berlabel_Halal_di_Platform_E-Commerce_Shopee_Studi_pada_Gen_Z_di_Kabupaten_Bone
Humairah, A. S., Anggraini, N. S., Maharani, A. M. S., & Khlomi, M. (2025). Prinsip Syariah Dalam Meningkatkan Keadilan Dan Keseimbangan Pola Produksi UMKM Kue Kering. Maro; Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 8(1), 63–76. http://ejournal.unma.ac.id/index.php/maro
Kader, M. A. (2018). Peran UKM Dan Koperasi Dalam Mewujudkan Ekonomi Kerakyatan Di Indonesia. JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen, 8(1), 15–32. https://doi.org/10.34010/jurisma.v8i1.995
KNEKS. (2021). UMKM Halal dan Ketahanan Ekonomi Indonesia. Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS), 13, 1–42. www.kneks.go.id
Latifaha, I., Wardani, S. A., & Hayat. (2025). Peran Etika Dalam Membangun Kepercayaan Publik Terhadap Pemerintah. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial Politik, 2(3), 579–587.
Limanseto, H. (2025). Pemerintah Dorong UMKM Naik Kelas, Tingkatkan Kontribusi terhadap Ekspor Indonesia. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/6152/pemerintah-dorong-umkm-naik-kelas-tingkatkan-kontribusi-terhadap-ekspor-indonesia#:~:text=Peran UMKM sebagai tulang punggung,dari 64 juta unit usaha.
M. Zidny Nafi’ Hasbi. (2019). Dampak Krisis Keuangan Global Terhadap Perbankan Di Indonesia. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 13(2), 385–400. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v13i2.602
Moh. Musfiq Arifqi, M. M. A. (2021). Konsep Ekonomi Kerakyatan Sebagai Pengembangan Koperasi Syariah Di Indonesia (Telaah Pemikiran Muhammad Hatta). BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(02), 57–73. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i02.1554
Mustajab, F. G. (2017). Pengembangan Pola Kemitraan Untuk Melindungi UMKM Dalam Asean Economic Community [Universitas Islam Indonesia]. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/27508%0Ahttps://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/27508/12410183 Farqi Ghozalie Mustajab.pdf?sequence=1
Muttaqin, I. (2015). Konsep Al‐Kasb Dan Modernisasi Islam. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 1(1), 23–43. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v1i1.3339
Nasrudin, N. (2021). Kontribusi Ekonomi Syariah Dalam Pemulihan Ekonomi Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19. Asy-Syari’ah, 23(2), 320. https://doi.org/10.15575/as.v23i2.15552
Nurdin, R., & Muslina Muslina. (2017). Konsep dan Teori Manajemen Aset dalam Islam. Media Syari’ah : Wahana Kajian Hukum Islam Dan Pranata Sosial, 19(2), 357–374. https://doi.org/10.22373/jms.v19i2.2026
Nursari, N., Solehudin, E., & Nasrudin, N. (2024). Praktik Riba Dan Gagal Bayar Pinjaman Online: Ancaman Pada Reputasi Dan Kredibilitas Nasabah Di Era Digital. Equality : Journal of Islamic Law (EJIL), 2(2), 14–27. https://doi.org/10.15575/ejil.v2i2.903
Pramesti, G. N. D. P. (2023). Peran Digitalisasi dalam Mendorong Inklusi Keuangan dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Era Pasca-Pandemi. Hawala: Kajian Ilmu Ekonomi Syariah, 2(2), 78–89.
Ridho, A. (2020). Toleransi Keagamaan Masyarakat Di Desa Guwa Lor Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon. Harmoni, 19(2), 368–390. https://doi.org/10.32488/harmoni.v19i2.404
Rohim, A., & Rahman, T. (2024). Implementasi Pemasaran Syariah Berbasis Digital Dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM Di Pasar Lokal (Studi Pelaku UMKM di Kabupaten Pamekasan). Jurnal Media Akademik (JMA), 2(10), 1–20.
Sa’adah, N., Dasuki, A., & Ahmad, B. N. (2025). Prinsip-Prinsip Ekonomi Syariah dalam Al-Qur’an: Telaah Sosial dalam Tafsir Al-Azhar. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah (JHESY), 3(2), 75–81. https://doi.org/10.37968/jhesy.v3i2.1227
Safitri, K., & Ika, A. (2024). Hampir 70 Persen Gen Z Memilih Jadi Pekerja Lepas, Apa Alasannya? Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2024/05/25/170000626/hampir-70-persen-gen-z-memilih-jadi-pekerja-lepas-apa-alasannya-#google_vignette
Shety Sugiarti Lubis, Sri Anjani, Della Alvionita, & Dini Vientiany. (2024). Bisnis Dalam Perspektif Islam. Manajemen Kreatif Jurnal, 3(1), 10–22. https://doi.org/10.55606/makreju.v3i1.3558
Singgih, M. N. (2019). Strategi Penguatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sebagai Refleksi Pembelajaran Krisis Ekonomi Indonesia. Ekonomi Modernisasi, 3(3), 218–227. http://e-journal.ukanjuruhan.ac.id
Soenarjo. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahannya, Edisi Penyempurna. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.
Sofyan, S. (2017). Peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah) Dalam Perekonomian Indonesia. Jurnal Bilancia, 11(1), 33–59. file:///C:/Users/Asus/Downloads/298-Article Text-380-1-10-20180728-3.pdf
Suhayati, M. (2023). Digitalisasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Info Singkat Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, 15(II), 16–20.
Syamsuri, Lahuri, S. bin, & Manaanu, Y. Al. (2020). Analisis Konsep Produksi Menurut Muhammad Hasan As Syaibani Dalam Kitab Al Kasb. Al Tijarah, 6(3), 168–180. http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/1598
Vinatra, S. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1(3), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.59581/jap-widyakarya.v1i1.832
Yuliaty, T., Shafira, C. S., & Akbar, M. R. (2020). Strategi UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global. Mbia, 19(3), 293–308. https://doi.org/10.33557/mbia.v19i3.1167
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nina Nursari, Nasrudin Nasrudin

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.