Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Times Games Tournament (TGT) dalam Pembelajaran Akidah Akhlak
DOI:
https://doi.org/10.59908/islamica.v7i1.79Kata Kunci:
Model Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Akidah Akhlak, Tipe TGTAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak, faktor pendukung, penghambat dan hasil dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Nurul Falah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan penelaahan dokumen. Penelitian ini menyimpulkan, bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) menunjukkan penilaian yang cukup efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa, di mana berdasarkan hasil tes yang disebarkan kepada siswa diperoleh rata-rata hasil tes adalah 94, nilai tertinggi 100, dan nilai terendah yaitu 85, yang memperoleh nilai tuntas sebanyak 15 siswa dan 3 siswa yang memperoleh nilai tidak tuntas.
Referensi
Abdi, M., & Hasanuddin, H. (2018). engaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 99. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.4778
Abu Daud. (2012). Sunan Abu Daud. Dar Al Kitab Al Arrobi.
Agus Hariyanto. (2019). Teams Games Tournamenr (TGT) & JIGSAW Melalui Pendekatan Saintifik. Deepublish.
Aunurrahman. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.
Darmawan Harefa. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325–332. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022
Dimyati, M. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Renika Cipta.
E. Solihatin. (2012). Strategi Pembelajaran PPKN. Bumi Aksara.
Eva Mulyani. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining Terhadap Pemahaman Matematik Peserta Didik. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 2(1), 29–34. https://doi.org/10.37058/jp3m.v2i1.151
Fitriani, K., & Wuryandari, W. (2019). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kerjasama Siswa. Jurnal Civics : Media Kajian Kewarganegaraan, 16(1), 80–88.
Ike Nataliasari. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTS. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1).
Kamil, V. R., Arief, D., Miaz, Y., & Rifma, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Belajar Siswa Kelas VI. Jurnal Basicedu, 5(6), 6025–6033. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1744
Karwono, & Belaja, H. M. (2010). Pembelajaran Serta Pemanfaatan IlmuIilmu Agama Islam. Institut Pesantren Kh. Abdul Chalim.
Kementerian Agama RI. (2019). “Alquran dan Terjemahnya.” Al-Mizan Publishing House.
Made Pidarta. (2009). Landasan Kependidikan (Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Aqidah. Rineka Cipta.
Nasrudin, N. (2020). Upaya Penyelesaian Sengketa Pada Sektor Bisnis Pariwisata Di Tengah Pandemi Covid 19. ADLIYA: Jurnal Hukum Dan Kemanusiaan, 14(1), 81–100. https://doi.org/10.15575/adliya.v14i1.8564
Poerwati, L. E., & Amri, S. (2013). Panduan Memahami Kurikulum Pendidikan Agama Islam SMP/MTs. Badan Standar Nasional Pendidikan.
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.
Sandra, E., Theresia, M., & Nurbaiti. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V SD Muhammadiyah 1 Padangsidimpuan. JIPDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2). https://doi.org/10.37081/jipdas.v2i2.319
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Suerjono Sukanto dan Sri Mamudji. (2009). Penelitian Hukum Normatif Suatu Tinjauan Singkat (Cet. 11). PT. Raja Grafindo Persada.
Susanna. (2017). Penerapan Teams Games Tournament (TGT) Melalui Media Kartu Domino pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas XI MAN 4 Aceh Besar. Lantanida Journal, 5(2), 93–105. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2832
Wina Sanjaya. (2008). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Kencana.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Sintiya, Ulfa Futri Hasyimiyyah Qissa ‘Ali, Ilyas Rifa'i
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.