Transformasi Perilaku Keuangan Syariah: Refleksi Kritis Kaum Muda Terhadap Investasi Saham Syariah

Penulis

  • Muhammad Zein Fitri STAI Siliwangi Bandung
  • Lena Ishelmiany Ziaharah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59908/islamica.v9i1.158

Kata Kunci:

perilaku keuangan syariah, investasi saham syariah, kaum muda

Abstrak

Transformasi perilaku keuangan kaum muda di era digital telah menciptakan paradigma baru dalam pengelolaan keuangan, termasuk dalam ranah investasi. Fenomena meningkatnya minat terhadap saham syariah menjadi refleksi penting dari kesadaran kaum muda akan nilai-nilai keislaman dalam aktivitas ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara kritis bagaimana kaum muda memahami, merespons, dan mengadopsi prinsip-prinsip keuangan syariah dalam keputusan investasinya, khususnya pada saham syariah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan fokus pada penelitian studi kepustakaan (library research) yang mengkaji perilaku keuangan kaum muda terhadap investasi saham syariah, di mana transformasi perilaku keuangan syariah dipengaruhi oleh tiga faktor utama: pemahaman religius, literasi keuangan digital, dan pencarian identitas finansial yang etis. Penelitian ini menemukan bahwa investasi saham syariah bagi kaum muda bukan hanya sarana finansial, melainkan juga ekspresi moralitas dan identitas religius. Kebaruan penelitian ini terletak pada pendekatan reflektif-kritis terhadap subjektivitas keuangan syariah dari perspektif kaum muda dan kontribusinya dalam memperkaya literatur mengenai keuangan Islam kontemporer. Hasil penelitian memberikan implikasi praktis bagi lembaga keuangan syariah dan regulator dalam merancang strategi literasi dan produk keuangan yang relevan dan inklusif bagi segmen muda Muslim.

Referensi

A.Wulandari, Wildayana, M.Ikbal Wijaya, M. F. A. (2024). Analisis Literasi Keuangan Pada Keputusan Investasi Saham Syariah Gen Milenial & Zilenial Kab. Bone. Riset Ekonomi, 4(1), 1–23.

Abdalloh, I. (2018). Pasar Modal Syariah. Elex Media Komputindo.

Anggryani, H. Z., & Surur, M. (2024). Pengaruh Modal Minimum, Kepatuhan Syariah dan Preferensi Risiko Terhadap Minat Berinvestasi Pasar Modal Syariah. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(7), 37–48. https://doi.org/1047467/elmal.v5i7.2242

Arif, H., Dikawati, D., Azikin, N., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Hasanuddin, U. (2023). Minat Investasi Syariah Generasi Z: TPB, Perilaku Keuangan, dan Religiusitas. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 15–29. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i1.6996

Ariska, A., Buhari, U. L., & Marzuki, S. N. (2024). Transformasi Pasar Keuangan: Analisis Rendahnya Minat Investor Pada Sukuk. LAN TABUR Jurnal Ekonomi Syariah, 6(1), 1–23. https://doi.org/10.53515/lantabur.2024.6.1.20-35

Azzura, T. I., & Manik, M. R. E. S. (2025). Mengubah Tantangan Menjadi Peluang : Strategi Inovatif Untuk Memperkuat Pasar Modal Syariah Indonesia. Jurnal Bisnistek : Jurnal Ilmiah Bisnis Digital, 1(2), 77–83.

Candra, H., Fahri, F., & Kohar, A. (2024). Meningkatkan Literasi Investasi Syariah Pada Pelajar Smk Nusantara Tangerang Selatan. Jurnal Ekualisasi, 5(2), 27–34. https://doi.org/10.60023/f62kdj76

Dahlia, M., Ibrahim, A., & Riza, A. (2020). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Menggunakan Lembaga Keuangan Syariah (Studi Pada Dosen Universitas Islam Negeri Ar-Raniry). Corporate Governance (Bingley), 10(1), 54–75.

Farid Maulana, Marcelino Rizki Suryanto, Syifa Aulia Khaerunnisa, Wahyu Hidayat, Hadi Peristiwo, & Fitri Fitri. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Mahasiswa FEBI. Jurnal Pajak Dan Analisis Ekonomi Syariah, 1(3), 168–182. https://doi.org/10.61132/jpaes.v1i3.285

Fata Habibullah, Akhlis Fatikhul Islam, Diva Carrisa Putri, Zhella Annisa, & Rachma Indrarini. (2024). Investasi Digital dalam Perspektif Syariah. Ekonomi Keuangan Syariah Dan Akuntansi Pajak, 1(4), 88–108. https://doi.org/10.61132/eksap.v1i4.555

Gunanti, A. A. I. I. P., & Mahyuni, L. P. (2022). Minat investasi generasi milenial di bursa efek Indonesia. INOVASI : Jurnal Ekonomi , Keuangan Dan Manajemen, 18(3), 425–437. https://doi.org/10.29264/jinv.v18i3.10344

Herman. (2021). Jumlah Saham Syariah Meningkat 33% dalam Lima Tahun.

Izzany, M. (2025). Strategi Peningkatan Literasi Keuangan Syariah di Masyarakat: Peran Pendidikan dan Kampanye. Jurnal Nuansa: Publikasi Ilmu Manajemen Dan Ekonomi Syariah, 3(2), 184–195. https://doi.org/10.61132/nuansa.v3i2.1739

Kaidah, N. (2018). Pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Investasi terhadap Minat Investasi Saham di Pasar Modal Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Angkatan 2015 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung), Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Kusnindar, A. A., Nurmitasari, Sari, S. A., Fitria, B. D., & Khoiriah, F. (2023). Faktor - Faktor yang Menentukan Minat Mahasiswa dalam Berinvestasi Syariah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30212–30220.

Muhammad Rais, Himmatul Khairi, & Faisal Hidayat. (2023). Pengaruh Teknologi Digital, Religiusitas, Dan Sosial Media Terhadap Keputusan Generasi Z Berinvestasi Di Saham Syariah. Maro: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 6(2), 342–355. https://doi.org/10.31949/maro.v6i2.7178

Muhtadi, R., Fitriyani, N. A., & Herachwati, N. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berinvestasi Saham di Pasar Modal Syariah bagi Generasi Milenial di Madura. Ulûmuna: Jurnal Studi Keislaman, 8(2).

Munir, N., Amang, B., & Pramukti, A. (2024). Antara Berkah dan Materi: Keputusan Investasi Pada Saham Syariah. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 7(1), 31. https://doi.org/10.35914/jemma.v7i1.2637

Nasir Tajul Aripin, Nur Fatwa, & Mulawarman Hannase. (2022). Layanan Digital Bank Syariah Sebagai Faktor Pendorong Indeks Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 5(1), 29–45. https://doi.org/10.25299/syarikat.2022.vol5(1).9362

Nasrudin, N., Ruhendi, A., Nursari, N., & Aziz, R. A. (2023). Perkembangan Pranata Bank Syari’ah Di Indonesia Upaya Mendorong Perekonomian Umat Berbasis Maqasid Al Syari’ah. Equality: Journal of Islamic Law (EJIL), 1(1), 59–74. https://doi.org/10.15575/ejil.v1i1.489

Nurlaelasari, S. (2024). Moralitas Dan Profitabilitas: Etika Ekonomi Islam Dalam Pengambilan Keputusan Investasi. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(5), 288–293.

Nurlita, A. (2014). Investasi di Pasar Modal Syariah dalam Kajian Islam. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 1.

Nuroniyah, L., Rini, M. M., & Madura, U. T. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dengan Aktivitas Media Sosial terhadap Kebiasaan Investasi Instrumen Keuangan pada Generasi Muda. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6).

Nursari, N., Solehudin, E., & Nasrudin, N. (2024). Praktik Riba Dan Gagal Bayar Pinjaman Online: Ancaman Pada Reputasi Dan Kredibilitas Nasabah Di Era Digital. Equality : Journal of Islamic Law (EJIL), 2(2), 14–27. https://doi.org/10.15575/ejil.v2i2.903

Octaviana, G. (2025). Indonesia Negara dengan Penduduk Muslim Terbanyak di Dunia. Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia. https://www.rri.co.id/ramadan/1360448/indonesia-negara-dengan-penduduk-muslim-terbanyak-di-dunia

Oktavia, A., Septian, V., Rohanah, Nabila, & Suharyat, A. (2023). Pandangan Hukum Islam Terhadap Investasi. BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(3), 50–67. https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i5.317

Pardiansyah, E. (2017). Investasi dalam Perspektif Ekonomi Islam: Pendekatan Teoritis dan Empiris. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 337–373.

Pratama, A. I., & Nisa, F. L. (2024). Literasi Keuangan Syariah dan Pengaruhnya Terhadap Ekonomi yang Akan Datang. Jurnal Rumpun Manajemen …, 1(3), 514–519. https://doi.org/10.61722/jrme.v1i3.1740

Puspadini, M. (2023). Investor Gen-Z Dominasi Pasar Modal, Komposisi Nyaris 60%.

Putri, E. K., Fifianawati, F., Wahadah, T. N., Damayanti, A., Aulia R, D. M., & Ayudiati, C. (2023). Pengaruh Pengetahuan, Manfaat, Risiko Dan Kepercayaan Investasi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Pada Saham Syariah. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 13(2), 283–296. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v13i2.1830

Rathore, A. K., Ilavarasan, P. V., & Dwivedi, Y. K. (2016). Social Media Content and Product Co-Creation: An Emerging Paradigm. Journal of Enterprise Information Management, 29(1), 7–18. https://doi.org/10.1108/JEIM-06-2015-0047

Ronaan Maulana Basuki, Nur Wahid Muharrom, Adina Latifaturrohmah, Aina Sarah Hafawati, Dwi Mei Nandani, Dwi Lestari, Ahmad Zangim, & Nicholas Adi Kusuma. (2025). Analisis Konsep Ekonomi Syariah: Studi Kasus Kritik Yusuf Mansur Terhadap Praktik Perbankan Syariah. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(2), 530–551. https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1086

Rusdin. (2019). Pasar Modal. Alfabeta.

Sahabuddin, R., Ramadhan, R., Sari, N., Azzahra, F., & Ridho, M. (2025). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Keuangan Melalui Literasi Keuangan pada Generasi Gen Z : Studi Tentang Literasi Keuangan. Jurnal Eksopoda : Journal of Interdisipliner, 1(5), 1–10.

Sahrani, S. (2025). Moderasi Beragama dalam Perbankan Syariah: Evaluasi Nilai-nilai Agama terhadap Preferensi Keputusan Keuangan. BANCO: Jurnal Manajemen Dan Perbankan Syariah, 5(2), 120–133. https://doi.org/10.35905/banco.v5i2.13065

Sepdiana, N. (2025). Peran Literasi Keuangan Syari’ah Dalam Membentuk Keputusan Investasi Syari’ah Pekerja Generasi Milenial Dan Gen Z. Balance : Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 4(1), 246–254. https://doi.org/10.59086/jam.v4i1.685

Sifwatir Rif’ah. (2024). Fenomena Investasi Syariah Di Era Digital. Al-Musthofa: Journal of Sharia Economics, 7(2), 174–185. https://doi.org/10.58518/al-musthofa.v7i2.3225

Sulaksono, A. (2015). Pengaruh Investasi dan Tenaga Kerja Terhadap PDB Sektor Pertambangan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 20(1), 16–24.

Syam’ani, M., & Mahmud, Y. (2024). Peranan Platform Digital Investasi Dalam Mengubah Mekanisme Transaksi Di Pasar Modal Syariah Indonesia. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 5(1), 63–74. https://doi.org/10.52593/mtq.05.1.05

Ulfa, U., Misbahuddin, M., & Sanusi, N. T. (2025). Prinsip Etika Bisnis Dalam Islam. Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, 6(2), 285–294.

Wahyuni Sirait, Siti Nur Rohmah, Intan Dinda, & Meliyani Meliyani. (2025). Literasi Keuangan Syariah untuk Generasi Milenial dalam Menggunakan Produk Keuangan Halal. EKONOMIKA45 : Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 12(2), 264–271. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v12i2.4321

Widyastuti, S. P., Widyaningrum, L., Hapsari, Y. P., & Febrianti, S. (2024). Peran Literasi Keuangan Dan Digital Terhadap Kemampuan Mahasiswa Dalam Menghadapi Masalah Ketenagakerjaan Di Masa Depan. Jurnal Pendidikan Kreativitas Pembelajaran, 6(3), 456–468.

Wulandari, D., Setyowati, S., & Hana, K. F. (2025). Pengaruh Edukasi Investasi, Persepsi Return dan Persepsi Risiko terhadap Minat Berinvestasi Saham Syariah. FreakonomicS: Journal of Islamic Economics and Finance, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.36420/FREAKONOMICS.V1I1.25

Yuniawati, A. L., & Asiyah, B. N. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Sosialisasi Terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa Di Pasar Modal Syariah Melalui Galeri Invesasi Syariah (Studi Pada Mahasiswa MKS UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). JURNAL ECONOMINA, 1(4), 829–840. https://doi.org/10.55681/economina.v1i4.187

Yustati, H., & Harpepen, A. (2023). Analisis Minat Investasi Gen-Z terhadap Investasi di Pasar Modal Syariah (Studi pada Mahasiswa UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu). Al-Intaj, 9(1).

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-09

Cara Mengutip

Fitri, M. Z., & Ziaharah, L. I. (2025). Transformasi Perilaku Keuangan Syariah: Refleksi Kritis Kaum Muda Terhadap Investasi Saham Syariah. ISLAMICA, 9(1), 49–64. https://doi.org/10.59908/islamica.v9i1.158

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.